Senin, 20 Mei 2013

Berakhlakul Karimah, Disiplin, dan Berprestasi



Ada beberapa karakter yang harus diajarkan kepada siswa-siswi MTs Negeri Panggul dalam rangka pembentukan akhlakul karimah, disiplin, dan berprestasi.

1.      AQIDAH YANG BERSIH ( SALIMUL AQIDAH )
Meyakini Allah SWT sebagai, Pencipta, Pemilik, Pemelihara, dan Penguasa alam semesta dan menjauhkan diri dari segala Pikiran, Sikap, dan Perilaku Bid’ah, Khurafat, dan Syirik.

2.      IBADAH YANG BENAR ( SHAHIHUL IBADAH )
Terbiasa dan gemar melaksanakan ibadah yang meliputi : shalat, shaum, tilawah Al-Qur’an, dzikir dan do’a sesuai petunjuk Al-Qur’an dan Assunnah.

3.      PRIBADI YANG MATANG ( MATINUL KHULUK )
Menampilkan prilaku yang santun, tertib, dan disiplin, peduli terhadap sesama dan lingkungan serta sabar, ulet dan pemberani dalam menghadapi permasalahan hidup sehari-hari.

4.      MANDIRI (QADIRUN ALAL KASBI )
Mandiri dalam memenuhi segala kebutuhan hidupnya dan memiliki bekal cukup dalam pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan dalam usaha memenuhi kebutuhan nafkahnya.

5.      CERDAS DAN BERPENGETAHUAN ( MUTSAQQAFUL FIKRI )
Memiliki kemampuan berpikir yang kritis, logis, sistematis, dan kreatif yang menjadikan dirinya berpengetahuan luas dan menguasai bahan ajar dengan sebaik-baiknya, dan cermat serta cerdik dalam mengatasi segala problem yang dihadapi.

6.      SEHAT DAN KUAT ( QOWIYUL JISMI )
Memiliki badan dan jiwa yang sehat dan bugar, stamina dan daya tahan tubuh yang kuat, serta keterampilan beladiri yang cukup untuk menjaga diri dari kejahatan pihak lain.

7.      BERSUNGGUH-SUNGGUH DAN DISIPLIN ( MUJAHADATUL  LINAFSIHI )
Memiliki kesungguhan dan motivasi yang tinggi dalam memperbaiki diri dan lingkungannya yang ditunjukkan dengan etos dan kedisiplinan kerja yang baik.

(An)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar